Masker Alami untuk Perawatan Wajah Berminyak dan Berjerawat

Advertisement

Merawat kulit wajah berjerawat dan berminyak memang susah-susah gampang. Salah memilih produk dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dan menambah masalah pada kulit wajah. Sehingga banyak pemilik kulit wajah berminyak dan berjerawat beralih pada metode perawatan wajah secara alami menggunakan masker buah atau sayur. Berikut beberapa jenis masker alami yang dapat digunakan untuk merawat wajah berminyak dan berjerawat.

Perawatan Wajah PriaMasker pisang. Buah pisang bagus  untuk perawatan kulit wajah karena memiliki efek menyejukkan dan melembutkan, sangat cocok untuk jenis kulit berminyak. Pilih pisang yang sudah matang dan hancurkan sampai bertekstur lembut. Campurkan dengan madu satu sendok makan dan beberapa tetes lemon. Oleskan pada kulit wajah dan biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Masker strawberry. Buah strawberry merupakan sumber alami asam salisilat (salicylic acid) yang dikenal sangat ampuh melawan jerawat. Sediakan kurang lebih ¼ mangkuk strawberry dan ¼ mangkuk yoghurt plain tanpa rasa. Campurkan dan blender keduanya sehingga membentuk tekstur lembut. Aplikasikan pada wajah selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Masker oatmeal. Campuran oatmeal dan bawang bombay dikenal mampu membersihkan wajah dari kotoran dan mematikan bakteri di kulit wajah. Bawang bombay berperan sebagai anti inflamasi sedangkan oatmeal dapat membersihkan wajah sampai ke pori-pori. Campuran masker ini sangat berguna untuk pemilik wajah berjerawat atau bekas jerawat. Cara membuatnya, tuangkan air hangat yang sudah direbus ke 1/3 mangkuk berisi oatmeal, rendam selama kurang lebih 5 menit.

Selagi menunggu, haluskan bawang bombay sehingga memiliki tekstur seperti bubur. Tambahkan bawang bombay yang sudah halus tersebut beserta madu 1 sendok makan ke dalam adonan oatmeal dan aduk hingga rata. Sapukan masker pada wajah selama 10 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

Masker lemon. Menggunakan lemon saat melakukan perawatan wajah dapat meningkatkan kecerahan kulit dan mematikan bakteri penyebab jerawat. Siapkan 1 sendok teh penuh jus lemon, 2 butir telur (ambil bagian putih telurnya saja), dan strawberry secukupnya. Campurkan seluruh bahan tersebut dan aduk rata hingga bercampur dan membentuk tekstur seperti bubur. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit, bilas menggunakan air hangat. Selain dapat membersihkan wajah dan mematikan bakteri, masker ini juga dapat mengencangkan kulit wajah karena kandungan putih telur.
Advertisement
IBX5832D8E817000