Stress? Diare Adalah Salah Satu Gejalanya!

Advertisement
diare adalah, gejala diare

Pekerjaan menumpuk, deadline yang tinggal sekejap disadari atau tidak bisa menjadi penyebab stress. Bisa jadi anda tidak menyadari jika sedang mengalami stress. Untuk mengenalinya gampang, diare adalah indikasi yang paling tampak atau mudah untuk mengenali stress. Setiap orang pasti memiliki kecenderungan dan potensi untuk mengalami stress. Maka seharusnya setiap orang bisa menjalani pola hidup yang seimbang. Baik untuk melakukan hal-hal yang serius maupun hal-hal yang sifatnya santai atau relaks.

Tujuannya tentu agar tubuh juga tidak terlalu lelah dan tidak mengganggu metabolisme. Karena ketika metabolisme terganggu, maka banyak penyakit mengintai. Pengertian diare yang mengiringi stress disebabkan pertama kali dari meningkatnya asam di lambung. Hal ini akan menyebabkan:

  1. Perut sulit untuk menerima makanan karena rongga perut akan dipenuhi oleh gas,
  2. Ketika lambung dan usus tidak mencerna makanan sama sekali tentunya akan mengalami iritasi,
  3. Luka dan iritasi ini akan menimbulkan toksin atau racun yang merangsang usus mengeluarkan air untuk membersihkan. Pada akhirnya air inilah yang akan menyebabkan diare.

Ketika seseorang stress, maka sebenarnya dia juga akan mengalami penurunan kekebalan tubuh. Pada akhirnya banyak organ yang tidak dapat bekerja dengan sempurna. Diare adalah salah satu dari akibat kekebalan tubuh yang turun ini. Ketika daya tahan tubuh baik, maka luka dan iritasi yang terjadi dalam lambung dan usus akan segera disembuhkan dengan sendirinya oleh bakteri baik. Intinya stress bisa menurunkan imunitas yang akhirnya menyebabkan diare tersebut. 
Advertisement
IBX5832D8E817000