Fungsi E Katalog Pada Kesehatan

Advertisement

Di era yang semakin modern ini, banyak hal yang dibuat menjadi lebih simple atau sederhana sehingga akan mempermudah penggunaan. Jika dalam rekam medis terdapat Medtek yang dapat melayani masalah medical transcription maka e katalog alat kesehatan dapat dipergunakan untuk mempermudah pengadaan barang atau jasa di sektor kesehatan. Pada akhir tahun 2012, pemerintah menambahkan e katalog untuk alat kesehatan, baik untuk alat baru ataupun alat kesehatan habis pakai, dan obat sehingga tidak perlu melalui proses lelang seperti yang dilakukan sebelumnya. Dengan menggunakan e katalog, pengguna internet semakin mudah dalam mencari barang atau jasa dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan.

Beberapa manfaat dari e katalog seputar kesehatan diantaranya yaitu :
  1. Membuat proses pengadaan baik barang ataupun jasa seputar kesehatan menjadi lebih efisien untuk sektor publik. Dalam hal ini tidak hanya publik yang diuntungkan namun juga pemerintah dalam hal mendapatkan harga yang terbaik sesuai dengan kualitas dari barang tersebut.
  2. Dapat meningkatkan transparansi atau mengurangi adanya penyimpangan.
Dengan adanya e katalog baik untuk alat kesehatan ataupun untuk obat. Hal tersebut dikarenakan harga dan kualitas dari barang peralatan kesehatan dan juga obat yang terdaftar telah tercantumkan dengan jelas dan publik dapat mengawasi pengadaan barang kesehatan agar tidak ada Mark up yang dapat merugikan siapa saja. Dari pihak pemerintah juga dapat mengawasi dan memilih item atau jenis dari produk kesehatan tersebut yang dibutuhkan sesuai dengan anggaran keuangan atau dana yang tersedia.

Dengan sistem e katalog alat kesehatan, pemerintah dapat memiliki akuntabilitas yang kuat yang lebih baik daripada pengadaan alat kesehatan dan obat yang terdahulu. Sehingga, pengelolaan dan tata kelola dari pengadaan alat kesehatan dan juga obat dapat menjadi lebih baik lagi baik dari segi sistem maupun efeknya. Karena harga yang sudah pasti dan dilampirkan pada e katalog seputar alat kesehatan dan obat maka dapat menurunkan resiko terjadinya korupsi di bidang kesehatan. Sehingga, jika rumah sakit pemerintah atau dinas yang ingin melakukan pengadaan, hanya tinggal memilih spesifikasi dan harga yang sudah tertera dengan jelas.  
Advertisement
IBX5832D8E817000