Pentingnya Cuci Tangan Menggunakan Sabun

Advertisement
Manfaat Cuci Tangan

Banyak orang seolah mengabaikan manfaat cuci tangan. Terkadang, merasa tangannya masih bersih, tidak jarang orang melakukan aktivitas setelah bepergian, tanpa mencuci tangannya. Padahal cuci tangan merupakan salah satu kegiatan yang penting. Dengan mencuci tangan, kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Ada lebih dari 5000 anak balita setiap harinya yang meninggal akibat terkena diare. Ini terjadi di seluruh dunia, dengan penyebab yaitu kurangnya akses terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi yang memadai. Selain itu juga pendidikan mengenai manfaat cuci tangan juga masih kurang.

Oleh karena itulah pada 15 Oktober, ditetapkan sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun oleh organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) ini juga merupakan kampanye kegiatan untuk menggalakkan kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Hal ini dilakukan untuk menurunkan tingkat kematian balita serta mencegah datangnya penyakit yang dapat menurunkan kualitas hidup manusia.

Tidak banyak orang yang sadar bahayanya kebiasaan untuk tidak mencuci tangan dengan sabun. Tangan merupakan salah satu tempat yang membawa kuman dan penyebab berpindahnya patogen dari satu orang ke orang lainnya. Baik itu dengan adanya kontak langsung, maupun yang tidak langsung. Tangan memiliki akses untuk menyentuh kotoran manusia dan binatang secara langsung. Jika anda membiasakan untuk tidak mencuci tangan, maka tangan anda bisa saja terkontaminasi oleh bakteri, virus, dan parasit yang tanpa sadar terbawa di tangan anda.

Cucilah tangan dengan menggunakan sabun, karena sabun dapat membantu menghilangkan lemak dan kotoran yang merupakan kuman penyakit hidup yang tertempel di tangan. Budayakanlah hidup sehat dengan salah satunya membiasakan cuci tangan dengan menggunakan sabun. 

Advertisement
IBX5832D8E817000