Tips Mengatasi Biang Keringat

Advertisement
Biang Keringat

Biang keringat kerap menjadi masalah bagi ibu yang memiliki anak bayi. Iritasi ini biasanya berupa bintik-bintik merah yang sangat gatal apabila sedang berkeringat. Dan apabila terus digaruk, bintik-bintik merah ini akan semakin menyebar dan semakin gatal. Kebanyakan ibu akan mengobatinya dengan krim atau salep. Namun, ternyata cara tersebut keliru, sebab dengan menggunakan salep, maka kulit yang terkena biang tadi akan semakin lembab dan bintik merah akan semakin menjadi.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi keringat buntet :
  • Saat udara panas, bawalah anak ke ruangan yang dingin atau teduh.
  • Bila perlu mandikan anak dengan air hangat yang dicampur dengan backing soda, takarannya adalah untuk setiap gallon air diberi backing soda sebanyak 2 sendok teh.
  • Gunakan henna untuk krim pada bintik-bintik, namun hal ini akan menyebabkan kulit merah akibat pewarna pada henna.
  • Jika anak mulai merasa gerah segera lepas pakaian agar tidak terlalu banyak keringat dan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.
Rasa gatal yang membuat tidak nyaman pada anak kerap membuat mereka rewel. Ibu sebaiknya mencegah agar jangan sampai anak merasa gerah hingga menimbulkan gatal. Ketika berada dalam ruangan dan cuaca cukup panas, ibu bisa menggunakan ac atau kipas angin, namun jangan terlalu dingin agar anak tidak masuk angin dan kedinginan. Pakaikan juga pakaian yang dingin dan bisa menyerap keringat, sehingga anak lebih nyaman dan tidak menyebabkan biang keringat semakin menjadi.


Advertisement
IBX5832D8E817000