Inilah Cara Mengatasi Luka Bakar Ringan

Advertisement



Luka bakar bisa dialami oleh semua orang dan tak mengenal batasan usia serta jenis kelamin. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana melakukan pertolongan pertama jika anda mengalami luka bakar. Untuk menangani luka bakar sendiri anda perlu mengetahui tingkat luka bakar tersebut. Hal ini bertujuan untuk menentukan jenis perawatannya. Karena cara mengatasi luka bakar ringan jelas akan berbeda dengan luka bakar yang berat.

Menurut The American Burn Association, luka bakar dibedakan menjadi tiga tingkatan, yakni level minor, sedang, dan juga mayor. Untuk level minor atau ringan, tingkat luka bakar pada keseluruhan kulit tubuh kurang dari 10 persen pada anak-anak serta 15 persen untuk orang dewasa. Level sedang besarnya 10-20 persen pada anak-anak serta 15-25 persen pada orang dewasa. Sedangkan untuk level mayor, tingkat luka bakarnya lebih dari 20 persen pada anak-anak dan lebih dari 25 persen pada orang dewasa.

Untuk luka bakar tingkat mayor harus segera mendapatkan penanganan serius dirumah sakit, karena penderita luka bakar level ini akan kehilangan banyak cairan pada tubuhnya. Sementara untuk luka bakar ringan anda bisa melakukan perawatan dirumah karena tidak memerlukan perawatan secara intensif. Namun anda juga harus benar-benar memahami bagaimana cara mengatasi luka bakar ringan yang baik dan benar.  Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk lebih memahami tentang cara menangani luka bakar ringan anda bisa simak beberapa tips berikut .

  1. Segera aliri luka bakar dengan air yang bersuhu sekitar 15 derajat Celcius selama 20 menit. Hal ini bertujuan untuk mendinginkan luka, mengurangi pembengkakan, serta mengurangi rasa nyeri
  2. Anda bisa mengonsumsi obat antiperadangan untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh luka bakar tersebut
  3. Tutup luka bakar dengan balutan kain kasa untuk mencegah terjadinya hipotermia

Nah itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk melakukan penanganan pada luka bakar ringan. Mengingat luka bakar bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja, ada baiknya jika anda segera mendaftarkan diri dan ikut bergabung bersama Futuready. Bersama Futuready anda tidak hanya akan mendapatkan perlindungan kesehatan, namun anda juga bisa memperoleh jaminan keuangan untuk mewujudkan mimpi anda dan keluarga dimasa depan.
Advertisement
IBX5832D8E817000