Pola Makan Penderita Diabetes Yang Benar

Advertisement

Penderita diabetes harus benar-benar menjaga makannya. Tidak seperti orang kebanyakan, penderita penyakit metabolik ini tidak boleh asal menyantap makanan. Jumlah, jadwal dan jenis makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan dengan baik. sebab salah pola makan sedikit saja bisa membuat gula darah semakin meningkat. Bagi penderita diabetes, makan bukan hanya soal mengisi perut tetapi juga mengontrol gula darah sekaligus menjadi terapi bagi penderita diabetes itu sendiri. Karena begitu pentingnya makan bagi penderita diabetes, maka pola makan bagi penderita diabetes harus diatur sedemikian rupa supaya memenuhi fungsinya. 

Jadwal makan untuk diabetesi yaitu enam kali makan sehari. Rinciannya 3 kali makan besar dan tiga kali makan ringan. Tujuannya agar lambung tidak kosong dan asupan gula dalam tubuh terus stabil, tidak melonjak drastis dan juga tidak turun secara signifikan.  Jadwal makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes yaitu makan besar pertama pukul 7 pagi. Makan ringan pertama pukul 10 pagi. Makan besar kedua pukul 1 siang. Makan ringan kedua pukul 4 sore. Makan besar ketiga pukul 7 malam dan makan ringan ketiga pukul 10 malam. Jadwal makan ini harus ditaati oleh penderita diabetes. Jangan sampai makan telat waktu sebab jika terlambat makan atau makan tidak teratur maka akan terjadi hipoglikemia atau penurunan kadar gula dalam darah. Hipoglikemia ditandai dengan gejala mual, pusing bahkan pingsan. Jika terjadi hal tersebut, penderita sebaiknya diberikan minuman air gula untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. 

Porsi makanan juga harus diperhatikan.  Porsi makanan tidak harus banyak yang terpenting sering meskipun sedikit. Sehingga wajar jadwal makan perlu diatur enam kali sehari. Makan pagi misalnya harus makan 20 % dari total kebutuhan kalori satu hari. Makan ringan pertama sebaiknya mencukupi 10% dari total kalori dalam tubuh. Makan ringan siang kedua 10% dari total kebutuhan kalori seluruh tubuh. Makan malam seharusnya mencukup 25% dari total kebutuhan kalori dalam tubuh. Sedangkan makanan ringan 3 wajib mencukupi 10% dari total kalori yang diperlukan tubuh dalam waktu satu hari. Untuk mendapatkan informasi tentang pola makan penderita diabetes, kunjungi situs fiutuready.
Advertisement
IBX5832D8E817000